Quran Android

quran androidSaat ini, membaca Al Quran bisa dilakukan di mana saja. Bahkan berkat kecanggihan teknologi, kita bisa tetap membaca Al Quran tanpa membawa mushaf. Aplikasi yang disediakan di smartphone memungkinkan pengguna smartphone untuk bisa membaca Al Quran menggunakan gadget. Begitu banyak aplikasi Quran versi visual dan audio yang tidak berbayar. Salah satu aplikasi Al Quran yang diluncurkan di Google Playstore bagi pengguna smartphone berbasis OS Android adalah Quran Android.

Ukuran aplikasinya sendiri tidak terlalu besar, hanya 2.32MB. Akan tetapi setelah diinstal, ketika pertama aplikasi akan dijalankan, dia akan mengunduh database berukuran kurang lebih 165MB. Download database tersebut tidak otomatis, aplikasi akan lebih dulu bertanya apakah pengguna mau men-download atau tidak. Jadi teman-teman yang kapasitas downloadnya terbatas, bisa terlebih dahulu mencari koneksi gratisan.

Setelah terpasang, Quran Android ini bisa dibaca secara visual. Ukuran hurufnya memang tidak terlalu besar, tetapi ada pengaturan warna tampilan dengan dua pilihan, tulisan gelap dengan latar belakang terang, atau tulisan terang dengan latar belakang gelap. Jika ingin menggunakan fasilitas Quran audio, kita perlu mendownload lagi data audionya. Untuk data audio ini, bisa didownload per surat atau per Juz. Sebagai catatan, ketika kita sedang mendownload satu item (misalnya satu surat), maka kita tidak bisa mendowload surat yang lain. Download berikutnya harus menunggu sampai download sebelumnya selesai. Jika kita pilih untuk mendownload surat atau juz lain, maka download sebelumnya akan secara otomatis digagalkan.

Untuk pilihan audio Qurannya, ada sejumlah Qori yang bisa kita pilih, tetapi kita harus mendownload dulu sebelum bisa mendengarkan. Mungkin kita bisa menggunakan surat-surat pendek yang ukurannya lebih kecil untuk mencoba setiap Qori. untuk teman-teman yang kapasitas memori smartphone-nya kecil, ada baiknya berhitung dulu sebelum mendownload, karna hasil unduhannya akan tersimpan dan memenuhi memori.

Aplikasi ini bisa diputar di background. Jadi setelah kita putar, kita tetap bisa membuka aplikasi lain tanpa menghentikan murotal, sekalipun layar terkunci. Kecuali mungkin kalau kita menjalankan aplikasi yang menggunakan audio juga, misalnya music player. Kita juga bisa menghentikan sementara (pause) ketika murotal sedang berjalan, aplikasi akan tetap terbuka di background, jadi kita bisa kembali lagi ke ayat yang tadi sedang dibaca.

Quran Android juga menyediakan teks terjemahan dalam berbagai bahasa yang bisa didownload langsung, termasuk Bahasa Indonesia. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fasilitas berbagi melalui berbagai akun social media seperti BBM, facebook, email, viber, dan lain-lain.

Keunggulan lain dari Quran Android adalah aplikasi ini cukup aksesibel bagi pengguna screen reader. Menu-menu utamanya bisa terbaca oleh screen reader bawaan Android. Terjemahan ayat pun bisa terbaca oleh screen reader. Memang ada beberapa tombol yang tidak terbaca, seperti tombol play misalnya, akan tetapi tombol-tombol yang tidak terbaca ini bisa diberi label. Fungsi pemberian label sudah bisa digunakan pada Android versi Kitkat. Jadi teman-teman pengguna screen reader yang sudah menggunakan Anroid KitKat dan ingin menggunakan aplikasi Quran Android ini, tidak perlu khawatir lagi. O ya, perlu diketahui juga, aplikasi tidak akan berhenti ketika screen reader menjalankan tugasnya, misalnya membacakan notifikasi yang masuk, keduanya akan tetap berjalan berdampingan, tanpa yang satu mengganggu yang lain.

Untuk validitas ayat-ayatnya, saya pribadi belum bisa mengomentari, tetapi jumlah orang yang mendownload aplikasi ini sudah terhitung banyak. Di Google Playstore sendiri, aplikasi ini sudah mendapatkan review 4.5 bintang.

Untuk teman-teman yang penasaran, silakan download langsung di Google PlayStore. Selamat mencoba.

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: