Info CPNS 2014

Pada tahun 2014 ini, pemerintah kembali membuka kesempatan bagi anak negeri untuk bisa bekerja sebagai pegawai perintah. Tambahan formasi untuk CPNS 2014 diatur dalam SK Menteri PAN-RB Nomor B-2550/M.PAN-RB/06/2014 tanggal 20 Juni 2014. Instansi pemerintah pusat dan daerah diminta untuk segera mempersiapkan layanan website untuk proses penerimaan ASN, termasuk di dalamnya informasi tentang jabatan yang ditawarkan (http://www.asncpns.com/2014/06/rincian-formasi-cpns-terdapat-di-e.html#.U65zGEDhc-0).


Menurut berita yang dilansir http://www.asncpns.com, sebanyak 100ribu kursi disediakan bagi anak negeri pada penerimaan CPNS tahun 2014 ini, 65ribu untuk CPNS, dan 35rb untuk PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Dari 65ribu jatah kursi untuk CPNS tersebut, disebutkan 40rb untuk instansi daerah dan 25ribu untuk instansi pusat (http://www.asncpns.com/2014/06/65-ribu-kursi-untuk-jatah-daerah.html#.U66I1EBFvcB).

Akan tetapi belum ada berita resmi dari KemenPAN-RB perihal rincian formasi kursi masing-masing instansi. Sebagai tambahan, belum juga ditemukan berita resmi tentang jatah kursi untuk penyandang disabilitas dalam penerimaan CPNS tahun 2014 ini. Meskipun dikutip dari ASN CPNS yang mengutip dari viva news bawah MenPAN-RB menyebutkan ada tambahan 50 kursi bagi penyandang disabilitas dari tahun 2013 yang hanya 250 kursi, sehingga tahun 2014 ini ada 300 kursi (http://www.asncpns.com/2014/06/perekrutan-khusus-formasi-cpns-2014.html#.U66UgUBFvcA). Akan tetapi, belum bisa dipastikan bahwa ini adalah jumlah sebenarnya, mengingat pada tahun 2013, KemenPAN-RB menyediakan 325 kursi bagi penyandang disabilitas (http://menpan.go.id/informasi/instansi-rekrut-cpns/formasi). Kecuali jika yang dimaksud oleh MenPAN-RB adalah jumlah kursi hanya pada instansi daerah (265 pada tahun 2013). Namun jika hanya 300 kursi yang disediakan untuk penyandang disabilitas untuk instansi pusat dan daerah pada tahun 2014 ini, maka sesungguhnya terjadi penurunan sekitar 10% dari yang ditawarkan pada tahun 2013.

Sejauh ini tampaknya pemerintah masih menggodok formasi yang akan dibuka. Semoga kursi yang ditawarkan untuk penyandang disabilitas paling tidak sesuai dengan kuota yang sudah ditetapkan dalam UU No. 43 tahun 1998, yaitu minimal 1%. Semoga tidak seperti tahun 2013, di mana pemerintah hanya menawarkan 0,5% kuota bagi penyandang disabilitas dari keseluruhan kursi yang ditawarkan.

Yang lebih penting yang perlu diperhatikan adalah tes penerimaan CPNS tahun ini kembali akan menggunakan Computer Assisted Test (CAT), sehingga pelamar dan instansi penyelenggara benar-benar perlu mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari (http://menpan.go.id/berita-terkini/2509-tes-cpns-dengan-cat-gunakan-fasilitas-bkn-dan-kemendikbud). Untuk penyandang disabilitas yang memiliki keterbatasan penglihatan, sampai artikel ini dimuat, belum ada berita yang membahas apakah penyandang disabilitas netra juga akan tes menggunakan sistem CAT tersebut.

Berita yang paling baru adalah, MenPAN-RB menjanjikan formasi untuk setiap jurusan pada penerimaan CPNS tahun 2014 ini. Sehingga lulusan dari berbagai disiplin ilmu juga bisa mengikuti penerimaan CPNS tahun ini tanpa terkecuali. Hanya memang jumlahnya yang cukup sedikit, yaitu maksimal 5% dari formasi yang ditawarkan (http://menpan.go.id/berita-terkini/2488-formasi-cpns-5-untuk-semua-jurusan). Paling tidak masih lebih banyak dari jatah kuota yang diatur oleh pemerintah bagi penyandang disabilitas.

Kabar terbaru seputar penerimaan CPNS 2014, akan segera diupdate lebih lanjut.

Sumber: http://menpan.go.id, www.asncpns.com

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: