Banana Cake

Sebelumnya saya gak pernah bisa membuat kue, apalagi yang namanya bolu. Gak pernah sukses karena urusannya dengan mengocok telur sampai mengembang. Ketika tinggal di negeri orang, dan saya pengen banget makan bolu dengan taste Indonesia, sekaligus menghindari harga bolu yang cukup tinggi, jadilah saya iseng mencoba sendiri.

Pertama kali membuat, saya kurang satu bahan, mentega cair. Buat yang sering membuat kue, kebayang dunk gimana jadinya..??? hiihihihi iya banget, kerass.. Setelah cukup lama, saya mencoba lagi, dan Alhamdulillah berhasil. Sama sekali gak pake advanced teknologi, cuma pake pengocok telur biasa. Berikut saya share resep dan cara membuatnya yang sangat-sangat sederhana, cocok untuk anak kos.

Resep:

Telur ayam 3 butir
Gula pasir setengah gelas ukuran 220ml
Baking powder secukupnya (ini opsional, kalau gak ada juga gak masalah)
mentega cair 150ml
Buah Pisang satu (potong-potong)
Terigu, satu gelas ukuran 220ml

Cara membuat:
1. Lelehkan mentega, dan sisihkan, biarkan hingga dingin
2. Kocok telur hingga mengembang (saya biasa menggunakan pengocok telur biasa, mungkin sekitar 10-15 menit)
3. setelah itu masukkan gula pasir dan baking powder, lalu kocok hingga gula larut
4. Sementara, panaskan pemanggang (sekitar 10 menit di suhu 200 derajat)
5. setelah gula larut, masukkan terigu sedikit-sedikit bergantian dengan mentega cair, sambil aduk perlahan-lahan
6. setelah teraduk rata, masukkan potongan pisang, tekan-tekan agar sedikit hancur, lalu aduk dengan spatula hingga tercampur rata
7. olesi loyang dengan mentega hingga merata (saya biasa menggunakan loyang untuk brownies kira-kira ukuran 10×20 cm, karena hanya itu yang ada :D), lalu tuang adonan ke dalam loyang
8. setelah pemanggang panas, masukkan loyang berisi adonan, lalu turunkan suhu menjadi 130 derajat, dan panggang selama kurang lebih 30 menit
9. Angkat dan sajikan

Selamat mencoba..!! :))

Tagged: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

