Merry-Go-Round bagi Pengguna Kursi Roda

fasilitas_tamanTaman merupakan salah satu sarana rekreasi atau hiburan yang terjangkau bagi banyak kalangan. Tidak hanya untuk orang tua tetapi juga anak-anak, dari sekedar jalan-jalan, bersenda gurau, bermain, hingga piknik. Tapi berapa banyak orang yang benar-benar bisa menikmati sarana tersebut, terlebih penyandang disabilitas yang memerlukan akses khusus? Selain Indonesia tidak memiliki cukup banyak taman kota, aksesibilitas dari taman yang adapun masih sangat memprihatinkan.

merry-go-round_Bonython

Bonython Park Playspace merupakan salah satu taman kota di Adelaide yang memberikan aksesibilitas penuh bagi penggunanya, khususnya penyandang disabilitas. Pernah membayangkan komidi putar yang bisa digunakan oleh pengguna kursi roda? Tidak perlu khawatir kalau benar-benar gak kebayang, karena memang sejauh yang saya tahu tidak ada di Indonesia. Tetapi Bonython Park menyediakan fasilitas ini. Sejumlah komidi putar didesain khusus untuk pengguna kursi roda. Luar biasa kan?

Bonython Park merupakan taman kota seluas 17 hektar yang dibangun oleh pemerintah lokal sebagai sarana rekreasi. Lokasinya yang berada di tengah kota memudahkan siapa saja untuk mengakses taman ini, termasuk pengguna transportasi publik. Taman kota ini didesain secara khusus untuk bisa digunakan oleh seluruh kalangan, tidak terkecuali disabilitas. Beberapa fasilitas permainannya bahkan didesain khusus untuk membantu perkembangan saraf anak. Sejumlah sekolah untuk anak berkebutuhan khusus menjadikan taman ini sebagai salah satu tempat melaksanakan kegiatan bagi anak didiknya.

Melihat tersedianya taman yang sangat aksesibel bagi orang dari kalangan manapun boleh jadi menimbulkan sedikit harapan terhadap pemerintah Indonesia untuk mulai meningkatkan aksessibilitas fasilitas publik bagi penyandang disabilitas. Dengan tersedianya fasilitas publik yang aksesibel, pemerintah tidak hanya memenuhi hak penyandang disabilitas tetapi juga membangun masyarakat inklusi, di mana orang dengan dan tanpa disabilitas bisa menikmati fasilitas yang sama di lokasi yang sama tanpa perlu dipisahkan.

Sumber:

http://insideadelaide.com.au/article/disability-is-no-barrier-to-adventurous-play/

http://adelaideparklands.com.au/play-leisure/bonython-park/

Tagged: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: