Kurma dan Manfaatnya

ruthabUdah tahu kurma kan? Kalo bahasa latinnya? Hihihi susah ngucapinnya, tapi karena di sini saya tidak mengucapkan, okelah saya kasih tahu. Bahasa latin kurma adalah dactylifera phoenix (hhhmmm jadi inget film kartun Saint Seiya :D) dan termasuk ke dalam rumpun palem. Kurma dipercaya berasal dari sekitar Sungai Nil dan Efrat di Mesir. Tetapi karena khasiatnya, saat ini kurma sudah banyak dibudidayakan di berbagai Negara, tidak hanya di benua Afrika dan Asia tetapi juga Eropa, Amerika dan Australia.

Sudah tahu kan rasanya kurma? Yap, buah dengan tekstur serat ini rasanya manis. Buah ini mengandung zat gula sederhana yang mudah dicerna dan cepat mengganti energy tubuh. Buat yang gak suka kurma, jangan lantas tidak mencoba ya.. Khasiatnya cukup jadi alasan bagi kita untuk sesekali mengkonsumsi kurma.

Kandungan nutrisi kurma

Saya sudah lihat daftar kandungan nutrisi kurma, dan panjang sekali. Karena kebetulan saya tidak menyukai tabel, jadi teman-teman bisa lihat dari berbagai situs lain. Di sini saya hanya akan menyuguhkan ringkasan kandungannya saja. Kurma matang mengandung gula sekitar 80%, sisanya terdiri dari protein, lemak dan produk mineral termasuk tembaga, besi, magnesium dan asam folat. Kurma kaya dengan serat dan merupakan sumber kalium yang sangat baik.  Lima butir kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 kalori, dan hampir semuanya dari karbohidrat. Intinya, kurma sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Lalu apa saja manfaat kurma?

Kurma memiliki banyak sekali manfaat, baik yang telah diuji ilmiah maupun yang hanya berdasarkan pengalaman. Berdasarkan kandungannya, berikut adalah beberapa manfaat kurma:

  1. Mengandung Vitamin A, C, K dan B-kompleks

Kurma adalah sumber vitamin A yang sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan untuk menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A  diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut. Selain itu vitamin A dan C pada kurma juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf.

Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang.

  1. Mengandung Anti-oksidan

Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.

  1. Mengandung berbagai produk mineral
  • Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.
  • Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke. Kalium diperlukan untuk mengubah glukosa menjadi glikogen sebagai sumber energi. Kalium membantu proses penyimpanan karbohidrat yang diperlukan otot sebagai bahan bakarnya. Kandungan kalium yang tinggi akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan tubuh. Makanan yang sarat kalium, yaitu minimal 400 mg per 100 g, dapat mengurangi risiko stroke.
  • Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.
  • Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.
  • Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.
  • Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang. Selain itu, magnesium dapat membantu fungsi saraf dan otot, termasuk pengaturan irama jantung agar tetap normal. Pada 100 g kurma terdapat sekitar 34 mg magnesium. Zat magnesium dalam kurma juga dapat menghambat proses penuaan. Biji kurma mengandung fito hormone dan zat antipenuaan. Hormone tersebut memiliki peran yang penting dalam proses penuaan kulit.

Seluruh kandungan mineral ini mempunyai peranan penting dalam membantu kinerja sistem dan impuls saraf pencernaan dan kontraksi otot. Kurma membantu mencukupi kebutuhan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Mengandung Asam Salisilat

Kurma mengandung asam salisilat yang biasanya digunakan sebagai bahan baku aspirin. Asam salisilat bersifat mencegah pembekuan darah, antiinflamasi (radang), dan menghilangkan rasa ngilu ataupun nyeri. Selain itu, asam salisilat dapat mengendalikan hipertensi dengan mengatur kadar prostaglandin yang turut berperan dalam proses tekanan darah. Asam salisilat juga dapat memengaruhi produksi hormone prostat yang masuk ke dalam kelompok asam lemak hidroksida untuk merangsang kontraksi otot dan menurunkan tekanan darah.

Kandungan asam salisilat dalam kurma belum terbukti dapat menyamai aspirin dengan dosis biasa, tetapi mengonsumsi kurma secara teratur dalam jumlah cukup diharapkan dapat berperan dalam mencegah stroke dan serangan jantung. Dalam jangka panjang, konsumsi makanan yang mengandung asam salisilat tinggi seperti kurma diharapkan memberikan fungsi yang kurang lebih sama dengan aspirin terhadap pencegahan stroke dan serangan jantung.

  1. Mengandung serat

Kurma banyak mengandung serat yang sangat baik untuk usus, fungsi serat adalah mencegah sembelit dan memperlancar buang air besar. Hasil penelitian menemukan bahwa serat makanan banyak memiliki manfaat antara lain mencegah dan menyembuhkan kanker usus besar dan luka serta benjolan dalam usus.

Serat juga dapat menurunkan kolesterol dalam darah, serat makanan yang dimaksud ini termasuk golongan karbohidrat yang terdiri atas selulosa, hemiselulosa, pectin dan gum. Kanker usus besar disebabkan karena kontak sel-sel mukosa usus besar dengan zat karsinogen terutama dengan konsentrasi senyawa karsinogen yang tinggi dalam waktu yang lama. Senyawa karsinogen berasal dari makanan yang mengandung precursor. Dalam sistem pencernaan, senyawa precursor dapat diubah menjadi senyawa karsinogen oleh enzim pencernaan dan aktifitas flora usus. Kontak senyawa karsinogen dengan sel usus dapat mengubah sel-sel usus menjadi sel-sel kanker.

Bila jarang mengonsumsi makanan yang berserat, feses yang terbentuk kecil dan bertekstur keras. Bentuk feses semacam ini menyebabkan konsentrasi zat karsinogen yang mungkin ada didalamnya pekat sedangkan bentuk feses kecil dan keras menyebabkan transit makanan, sejak dimakan sampai menjadi feses menjadi lama. Akibatnya akan terjadi kontak antara zat karsinogen dalam konsentrasi tinggi dan dinding usus besar dalam waktu yang lama. Proses ini dapat menyebabkan terbentuknya sel-sel kanker. Serat makanan mempunyai daya serap air yang tinggi. Adanya serat makanan dalam feses menyebabkan feses dapat menyerap air yang banyak sehingga volumenya menjadi besar dan teksturnya lunak. Adanya volume besar akan mempercepat kontraksi usus untuk lebih cepat mengeluarkan feses.

  1. Mengandung Asam Nikotinat

Kurma mengandung asam nikotinat dan hormone potuchsin. Kekurangan asam nikotinat atau vitamin B3 ini dapat menyebabkan penyakit pellagra, yakni terganggunya penyerapan triptofan di usus dan ginjal. Untuk mencegah timbulnya gejala-gejala, penderita memerlukan niasin dosis tinggi. Gejala penyakit ini adalah gangguan pencernaan, seperti mual, hilangnya nafsu makan, serta diare yang berbau busuk dan kadang-kadang berdarah. Seluruh saluran pencernaan dapat terkena, misalnya lambung tidak mampu mengahasilkan cukup asam (aklorhidria) dan mulut mengalami peradangan yang kemudian warnanya berubah menjadi merah tua terang. Pada akhirnya, terjadi perubahan mental, berupa kelelahan, insomnia (sulit tidur), dan apatis

Kurma mempunyai manfaat lain, yaitu mengurangi ketegangan mental, hysteria, dan insomnia. Efek tersebut sangat berguna bagi ibu hamil agar tetap rileks dan tenang menghadapi kehamilannya sehingga mengurangi risiko terjadi perdarahan rahim. Namun, penderita diabetes mellitus tidak boleh banyak mengonsumsi kurma. Kandungan gula monosakarida yang cukup tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Selanjutnya klik di sini..

Tagged: , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: