Kurma dan Manfaatnya (bagian 2)

kurmaSelain manfaat di atas, kurma juga memiliki manfaat berdasarkan macamnya, antara lain:

  1. Tamr (kurma kering) berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan.
  1. Buah kurma matang sangat kaya dengan unsur Kalsium dan besi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi perempuan yang sedang hamil dan yang akan melahirkan, bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kepada Maryam Al-Adzra (perawan) untuk memakannya ketika sedang nifas (setelah melahirkan). Kadar besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma matang sangat mencukupi dan penting sekali dalam proses pembentukan air susu ibu. Kadar zat besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma dapat menggantikan tenaga ibu yang terkuras saat melahirkan atau menyusui. Zat besi dan Kalsium merpuakan dua unsur efektif dan penting bagi pertumbuhan bayi. Alasannya , dua unsur ini merupakan unsur yang paling berpengaruh dalam pembentukan darah dan tulang sumsum.
  1. Ruthab (kurma muda) mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan-perempuan ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu hamil yang berikutnya. Hal ini karena dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses kalahiran. Hormon oxytocine adalah hormon yang salah satu fungsinya membantu ketika wanita atau pun hewan betina melahirkan dan menyusui.

Dalam Al Quran diterangkan bahwa Allah SWT memerintahkan Maryam binti Imran untuk memakan buah kurma ketika akan melahirkan, dikarenakan buah kurma mengenyangkan juga membuat gerakan kontraksi rahim bertambah teratur, sehingga Maryam dengan mudah melahirkan anaknya. Allah SWT berfirman. “Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu kearahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah bernadzar berpuasa untuk Rabb Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini” [Maryam : 25-26].

Dokter Muhammad An-Nasimi dalam kitabnya, Ath-Thibb An-Nabawy wal Ilmil Hadits (II/293-294) mengatakan, “Hikmah dari ayat yang mulia ini secara kedokteran adalah, perempuan hamil yang akan melahirkan itu sangat membutuhkan minuman dan makanan yang kaya akan unsur gula, hal ini karena banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan bayi, terlebih lagi apabila hal itu membutuhkan waktu yang lama. Kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolenya (kontraksi jantung ketika darah dippompa ke pembuluh nadi). Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam ruthab (kurma basah). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah untuk dicerna dengan cepat oleh tubuh”

Kurma muda dikenal oleh masyarakat Timur Tengah secara turun temurun bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Di Indonesia, sudah banyak pula yang membuktikan hal tersebut dan berhasil mempunyai anak setelah lama menanti kehadirannya. Kini bubuk kurma muda telah diproduksi, penggunaannya diseduh dengan air dan dicampur dengan madu.

  1. Jenis ajwah merupakan kurma yang paling mahal karena kepopulerannya. Meskipun belum memiliki data ilmiah yang pasti, kurma ajwah dipercaya dapat berfungsi sebagai obat dan penangkal racun yang baik.
  1. Kurma sukari berukuran besar dan berwarna cokelat terang. Kurma sukari diyakini dapat menambah tenaga, khususnya bagi laki-laki.
  1. Untuk perempuan, terdapat kurma lubanah yang berarti kurma susu. Kurma jenis ini berukuran kecil dan agak keras. Oleh karena itu, sebelum dimakan, kurma ini harus direbus dahulu. Kurma lubanah diyakini sangat baik untuk ibu yang sedang menyusui, yakni untuk menambah air susu ibu (ASI).
  2. Selain daging buahnya, biji kurma mentah ini juga bermanfaat, dalam pengobatan Hemeopathy, yakni pengobatan tanpa menggunakan bahan kimia, biji kurma sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, antara lain penyakit hati dan batu ginjal. Biji kurma mentah dihaluskan atau dijadikan serbuk seperti teh, direndam lalu diminum. Biji kurma dapat pula diekstrak menjadi minyak yang dapat digunakan untuk produk kecantikan atau kosmetik. Selain itu, biji kurma juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak yakni dengan cara direndam dan digiling. Biji-biji kurma dapat diolah menjadi tepung dengan kandungan antioksidan yang tinggi dibanding buahnya. Tepung biji kurma dapat digunakan sebagai campuran pembuatan biscuit, cake atau roti. Biji kurma yang disangrai dan digiling halus dapat digunakan sebagai campuran kopi sebagai bahan tambahan. Kandungan antioksidan dalam biji kurma lebih tinggi dibandingkan buahnya.

Disarikan dari berbagai sumber.

Tagged: , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: